Palu- Universitas Muhammadiyah Palu menyelenggarakan Kuliah Tamu dengan Tema Pemberdayaan dalam Dakwah Muhammadiyah (8/2),bertempat di Aula gedung Rektorat. Hadir sebagai narasumber Wuri Rahmawati,M.Sc, Koordinator Bidang Komunitas Khusus MPM PP Muhammadiyah yang juga menjabat Ketua Program Studi Komunikasi Universitas Aisyiyah Yogyakarta.

Wakil Rektor I, Dr.  Rafiuddin menyampaikan pemberdayaan sebagai gerakan dakwah bil hal sangat penting dilakukan dengan menumbuhkan keswadayaan,self belonging di masyarakat. Dimensi gerakan dakwah Muhammadiyah setidaknya mencakup dua aspek yaitu pembebasan dan pencerahan. Kampus dan seluruh civitas akademika bersama-sama berdakwah untuk memberdayakan umat dan membangun kolaborasi dengan majelis di Muhammmadiyah,imbuhnya

Muhammadiyah saat ini melakukan pendampingan di Langaleso. Kegiatannya mencakup pertanian, pengolahan bawang goreng dan pengembangan Koperasi Luku Karya Mandiri. Sejak kemarin sampai hari ini ada pelatihan manajemen koperasi bagi dampingan MPM di Langaleso, ungkap Dr. Syaifuddin,Ketua MPM PWM Sulawesi Tengah yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor III UM Palu.

Pemberdayaan merupakan ladang dakwah bagi seluruh warga persyarikatan Muhammadiyah dengan mendasarkan pada teologi Al Ma’un. Keberpihakan pada kaum dhuafa, kelompok termarjinal dapat dilakukan dengan menggunakan metode struktural melalui advokasi kebijakan maupun kultural dan individual  melalui pelatihan dan pendampingan, tutur Wuri.

UM Palu dapat menjalin MoU dengan Persyarikatan untuk menjaga keberlanjutan program pemberdayaan yang ada di Langaleso maupun di berbagai daerah yang ada di Propinsi Sulawesi Tengah. Disamping itu, hendaknya UM Palu  mendorong civitas akademika untuk melakukan penelitian dan pengabdian di lokasi dampingan Muhammadiyah, memiliki program community development untuk dakwah kepada kaum dhuafa dan memprogramkan KKN tematik di lokasi dampingan persyarikatan. Koordinasi dan sinergi antara Perguruan Tinggi Muhammadiyah/Aisyiyah (PTMA) dengan Persyarikatan sangat diperlukan dalam pemberdayaan dan dakwah amar ma’ruf nahi munkar, pangkasnya.