Temanggung, Jawa Tengah – Prestasi membanggakan kembali diraih oleh mahasiswa Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) dalam ajang pemilihan Duta Inspirasi Indonesia 2022. Berangkat dari gagasan dan tekad untuk membangun potensi daerah asalnya Sofyan Faisnanto, mahasiswa Program Studi S1 Ilmu Komunikasi UNISA Yogyakarta, berhasil terpilih sebagai Duta Inspirasi Indonesia 2022 Provinsi Jawa Tengah. Torehan prestasi tersebut merupakan salah satu mimpi besarnya yang sukses terwujud.

Kompetisi bergengsi ini didukung oleh Kemenpora RI dan Yayasan Duta Inspirasi Indonesia. Duta Inspirasi Indonesia 2022 menjadi kesempatan emas bagi para pemuda-pemudi di berbagai penjuru Tanah Air untuk mewujudkan visi dan misinya dalam membangun daerah asal mereka.

Menjadi Duta Inspirasi Indonesia 2022 Provinsi Jawa Tengah, menurut Faiz, membuka peluang besar baginya untuk berkontribusi aktif melalui kegiatan kolaborasi dan pengabdian sosial masyarakat.

“ Dekat ini lagi fokus realisasi program yang pertama yaitu Kawula Muda Sadar Budaya. Kegiatannya berupa open gagasan yang kita selenggarakan dalam virtual diskusi di platform instagram lalu hasil dari pemikiran tersebut akan kita follow up dalam realisasi tindakan nyata yang siap mengandeng dinas dan lembaga terkait di Jawa Tengah ”, ujarnya.

Selain menjadi Duta Inspirasi Indonesia 2022 Provinsi Jawa Tengah, Sofyan Faisnanto juga aktif mengikuti berbagai lomba, baik akademik maupun non akademik. Ia pun membeberkan kunci untuk dapat menjadi mahasiswa yang aktif mengukir prestasi.

“Bagi diri saya pribadi, setiap waktu adalah emas. Bagaimana meluangkan waktuku di samping perkuliahan dan project kuliah dan organisasi untuk mengikuti lomba-lomba akademik maupun non akademik, dengan pengelolaan manajemen waktu versi terbaiknya”, bebernya.

Selain itu, diungkapkannya, mahasiswa yang ingin menorehkan prestasi harus giat mencari informasi tentang lomba-lomba yang sesuai bidang keilmuan atau minatnya, memahami term of reference, dan menjalin relationship dengan sesama mahasiswa yang telah berpengalaman mengikuti berbagai lomba untuk meningkatkan motivasi diri. “Salam semangart semuanya, do the best, be the best, and the winner’s ”, pungkasnya.