Pengurus Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (APIK-PTMA) Periode 2024-2028 resmi dilantik di Universitas Muhammadiyah Bandung (30/5/2024). Kegiatan pelantikan dihadiri langsung oleh perwakilan Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Professor Widodo Muktiyo.

Ketua APIK-PTMA, Choirul Fajri menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pengembangan APIK PTMA, terutama UM Bandung yang telah memfasilitasi kegiatan pelantikan pengurus APIK PTMA.

“Kegiatan ini sebenarnya telah lama direncanakan untuk diadakan di UM Bandung. APIK PTMA merupakan asosiasi yang memiliki banyak anggota, dengan 57 program studi komunikasi di PTMA. Ini adalah jumlah yang sangat signifikan di antara 172 PTMA. Ini membuktikan bahwa ilmu komunikasi ada di mana-mana dan memberikan kontribusi yang sangat baik untuk bangsa Indonesia,” kata Choirul.

Choirul menambahkan bahwa komunikasi merupakan program studi yang banyak diminati dan favorit di Indonesia. Selain berinovasi, APIK PTMA juga berkomitmen untuk berkolaborasi dengan semua pihak demi kemajuan organisasi. “Tantangan yang dihadapi ke depan adalah mendorong mahasiswa dan dosen untuk terus berinovasi. APIK PTMA didirikan pada 2014 dan kami terus mengembangkan bidang komunikasi,” ujar Choirul.

Ketua Panitia Pelantikan APIK PTMA dan Seminar Nasional, Euis Evi Puspitasari, menyatakan bahwa kegiatan ini berlangsung selama dua hari dan dihadiri oleh pengurus serta mahasiswa ilmu komunikasi UM Bandung. Selain itu, dilakukan juga penandatanganan MoU dan MoA antara UM Bandung dengan Lembaga Sensor Film (LSF) Indonesia.

“Kami mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta kegiatan ini di Kota Bandung. Kami memohon maaf atas segala kekurangan apabila selama acara ada kekurangan,” kata Euis.

Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta, Erwin Rasyid kembali menjadi bagian pengurus APIK-PTMA Periode 2024-2028.

“Saya sangat bersyukur kembali dipercaya untuk menjadi Pengurus APIK-PTMA. Prodi Ilmu Komunikasi UNISA Yogyakarta selalu siap mewarnai dan mendukung kemajuan Prodi Ilmu Komunikasi khususnya di lingkungan PTMA” ujar Erwin menambahkan.

Setelah pelantikan, kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan naskah kerja sama dan seminar nasional yang menghadirkan tiga narasumber: Ketua LSF Rommy Fibri Hardiyanto, Komisioner KPID Jabar Roni Tabroni, dan Dekan FISIF UM Ponorogo. Rangkaian kegiatan pelantikan akan ditutup dengan agenda terakhir yaitu Rapat Kerja Nasional (Rakernas).