Dosen Komunikasi UNISA Yogya Penelitian CSR di Bukalapak.com

Dosen komunikasi unisa yogya di Bukalapak.com

Dosen Prodi Ilmu Komunikasi UNISA Yogya, Raditia Yudistira Sudjanto bersama Abdussalam, Head of Bukalapak Social Club

 

Dosen Komunikasi UNISA (Universitas Aisyiyah) Yogyakarta, Raditia Yudistira Sudjanto, M.A. saat pemberian cinderamata kepada Abdussalam dari Bukalapak.com. Dosen yang akrab dipanggil Radit tersebut mengadakan kunjungan audiensi ke salah satu kantor perusahaan e-commerce terkemuka di Indonesia, Bukalapak.com. Kunjungan tersebut membahas program kerjasama yang dibangun Prodi Komunikasi UNISA dengan Bukalapak dalam hal penelitian bidang CSR (Corporate Social Responsibility).

Fakta unik dari Bukalapak.com, mengawali bisnisnya dengan misi utama membantu pengusaha UMKM memasarkan produk mereka. Abdussalam sebagai Head of Bukalapak Social Club menjelaskan, “Kami tidak ada program khusus CSR, karena pada dasarnya itu bukan kewajiban tapi panggilan hati. Tanpa aturan CSR pun Bukalapak sudah mengawali bisnisnya dengan aktifitas sosialnya yaitu membantu pengusaha UMKM memasarkan produknya. Bukalapak ada aktifitas kegiatan sosial murni, ya bisa dibilang CSR dalam bentuk komunitas. Kami menyebutnya Bukalapak Social Club, dimana personil yang terlibat semuanya sukarelawan dan tidak dibayar. Jadi murni aktifitas sosial”. Keunikan Bukalapak tersebut menarik perhatian dosen yang ahli bidang CSR ini melakukan penelitian yang ia beri judul “Studi Motif Tanggungjawab Sosial Perusahaan E-Commerce sebagai Bentuk Investasi Sosial (Studi Kasus Tanggungjawab Sosial Perusahaan Bukalapak)”.

Trend teknologi dan komunikasi di Indonesia tahun 2018 adalah pengembangan sektor ekonomi digital salah salah satunya platform e-commerce. Bukalapak menjadi salah satu e-commerce Indonesia yang menginspirasi terbentuknya startup baru bidang e-commerce.