
Yogyakarta – Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta (Unisa) telah berpartisipasi dalam MIK Communication Festival 2025, sebuah ajang kompetisi komunikasi tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Program Magister Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Kegiatan berlangsung pada 8 November 2025 di Kampus Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Partisipasi ini terdiri dari empat cabang kompetisi utama: Digital Leadership Briefcase, Podcast Competition, News Anchor Competition, dan 3-Minute Creative Research Presentation. Mahasiswa yang terlibat mewakili kombinasi angkatan dan latar belakang akademik di lingkungan Prodi Ilmu Komunikasi Unisa, dengan antusiasme tinggi untuk bersaing dan mengembangkan kapasitas profesional mereka.
Para peserta yang berkompetisi adalah:
Digital Leadership Briefcase
• Reza Al Khifari, Najwa Azzuro, Ardhia Ayu Ningasti
• M. Khoirur Rizqy, Ramadhan Putra Sanjaya, Meli Dea Pebriana
Podcast Competition
• Hana Mufidatul Roidah, Aisyah Hanin Nursiwi, Muhammad Zahid Rahiman
• Mahessa A., Widi Widjayanto, Amalia Melati
News Anchor Competition
• Larindi Ayu Kusuma, Vilza Irvi Melia, Alya Risqiana
3-Minute Creative Research Presentation
• Deffimona Saheba, Juli Suhaidi, Yursel N.
Seluruh mahasiswa mengikuti rangkaian acara dengan bimbingan dosen pendamping, Dias Regian Pinkan, M.I.Kom., yang mendampingi proses persiapan seperti latihan presentasi, pembuatan naskah, hingga sesi simulasi kompetisi. Pendampingan ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam berpikir kritis, menyampaikan informasi secara efektif, dan berkomunikasi secara profesional.

Meskipun pada tahun ini belum ada peserta yang berhasil meraih kemenangan, keikutsertaan mahasiswa dalam MIK Communication Festival memberikan pengalaman penting dalam penguatan keterampilan komunikasi, manajemen waktu, dan pembelajaran berbasis praktik.
Program Studi Ilmu Komunikasi Unisa berkomitmen untuk terus mendukung mahasiswa agar aktif dalam berbagai kompetisi dan kegiatan eksternal sebagai bentuk pengembangan kompetensi profesional sekaligus representasi kualitas akademik program studi.