Sleman- Prodi Komunikasi Universitas Aisyiyah terus berupaya untuk mengembangkan sumberdaya manusia (lulusan) yang unggul dalam bidang komunikasi sosial dan kesehatan. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu memberikan kesempatan kepada mahasiswa semester 6 (enam) untuk melakukan pratikum lapangan Mata Kuliah Customer Relation selama 16 jam di bulan Mei 2019.
Mahasiswa terbagi dalam empat kelompok dan masing-masing kelompok melakukan praktikum di lokasi yang berbeda-beda. Lokasi praktikum lapangan tersebut di RSU PKU Muhammadiyah Kota Yogyakarta, RSU PKU Muhammadiyah Gamping, RSU Queen Latifa dan Biro Admisi Universitas Aisyiyah Yogyakarta.
Praktikum lapangan diharapkan dapat memberikan pengalaman, pemahaman sekaligus meningkatkan ketrampilan mahasiswa dalam menjaga hubungan baik dengan calon pelanggan maupun pelanggan (customer). Pada saatnya nanti sudah lulus dan bekerja, mahasiswa mampu menerapkannya dalam dunia kerja, papar Wuri Rahmawati, Dosen Pegampu Mata Kuliah Customer Relation.
Ulfi mahasiswa peserta praktikum menyampaikan ternyata untuk menjaga pelanggan banyak cara yang dilakukan oleh pihak rumah sakit antara lain melakukan survei kepuasan pelanggan, memberikan layanan home care pada pasien VIP yang telah keluar dari rumah sakit, bersikap ramah, murah senyum, disiplin, cepat menanggapi berbagai komplain yang masuk dengan memberikan grade atau tingkatan, komplain mana yang harus didahulukan penyelesaiannya, dan sebagainya. Saya juga belajar menikmati dunia kerja, sebab selama praktikum saya menjadi bagian sumberdaya manusia di bagian hubungan masyarakat (humas) RSU Queen Latifa.
Adik-adik ini Alhamdulillah cepat mengikuti iklim kerja di sini Bu. Saya tanya di masing-masing unit tanggapannya bagus dan tidak ada keluhan atas kinerja mereka. Harapan kami adik-adik dapat memperoleh ilmu dan pengalaman bermanfaat selama berada di sini, pangkas Ibu Lely, Humas dan Marketing PKU Muhammadiyah Gamping.(rh)