Cosmics UNISA Yogyakarta Menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik

cosmics komunikasi unisa pelatihan jurnalistik

Corps of Communication Students (Cosmics) Universitas Aisyiyah Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Jurnalistik dengan topik Pengelolaan usaha media dan teknik penulisan. Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong mahasiswa komunikasi untuk berkarya terutama bagi mahasiswa yang memiliki minat dalam bidang jurnalistik, ungkap Paisal Oktaviansyah ketua Cosmics (07/04/2019). Ketua Program Studi Komunikasi UNISA Yogyakarta, Wuri Rahmawati menyampaikan bahwa tujuan pelatihan ini yaitu untuk mahasiswa belajar tentang : pengelolaan dan pengembangan usaha media, strategi menarik iklan dalam media serta belajar teknik penulisan yang baik dan menarik.

Pada kesempatan yang sama Wuri sekaligus mengenalkan Komunitas Mahasiswa Kreatif Komunikasi (KMKK) dalam bidang Jurnalistik DWACA. DWACA merupakan singkatan dari Media Warta Pencerah yang dapat juga dibaca dalam bahasa Jawa Diwoco (Dibaca). DWACA menjadi wadah mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan jurnalistiknya sekaligus mengembangkan kemampuan manajerial pengelolaan usaha media. Pengalaman mengelola DWACA dapat menjadi bekal untuk menghadapi dunia kerja.

Selain itu mahasiswa juga diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja di bidang media. Pelatihan kali ini menghadirkan Adam Qodar tim media dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Adam menyampaikan bahwa mengawali sebuah tulisan dapat dilakukan melalui hal yang sederhana. Peristiwa-peristiwa di sekitar kita dapat menjadi inspirasi ide untuk dituangkan dalam tulisan. Kejujuran,orisinalitas yang berbasis fakta merpakan hal penting dalam sebuah karya jurnalistik sehingga masyarakat akan menerima informasi yang benar dan akurat. Hal lain yang penting juga diperhatikan adalah penentuan judul.

Kemasan judul yang menarik akan menumbuhkan rasa keingintahuan yang kuat pada pembaca terhadap isi untuk berita sehingga akan memperoleh informasi yang utuh dengan menyelesaikan bacaan. Jika sudah banyak yang membaca, banyak yang berlangganan maka nanti akan banyak iklan masuk agar dimunculkan setiap edisi DWACA terbit, ujar Adam Peserta yang mengikuti mahasiswa pelatihan berjumlah 20 orang mahasiswa Prodi Komunikasi UNISA Yogyakarta. Menurut Paisal, pelatihan ini merupakan tahapan awal dalam proses pengembangan DWACA. Ke depan akan dilakukan pelatihan-pelatihan secara rutin, sehingga karya jurnalistik mahasiswa melalui DWACA dapat dinikmati oleh masyarakat luas.