Mahasiswi Unisa dari Program Studi D3 Kebidanan Universitas Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta yang terdiri dari Fetty Halimah (Fetty), Zhahara Timur (Zhahara), dan Hida Tri Nur Rochmah (Hida) mengikuti lomba public relations dalam acara Communication Day #4 yang diadakan oleh Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta. Mereka bertiga tergabung menjadi satu dalam tim dengan mengusung nama Sun Bright.

Communication Day #4 atau disingkat Commday merupakan acara rutin yang diselenggarakan setiap tahun oleh Program Studi Ilmu Komunikasi UAD. Tahun 2016 ini merupakan event ke-4 yang diselenggarakan dengan tema “Four Better Future.” Acara diselenggarakan dalam berbagai bentuk lomba yaitu : lomba fotografi, lomba film pendek, lomba karya tulis, dan lomba public relations dengan masing-masing lomba berhadiah tropi, sertifikat, dan uang pembinaan. Puncak acara Commday #4 ditutup pada hari Sabtu, 6 Mei 2016 dengan acara konsep acara Awarding Night yang diisi juga dengan hiburan pentas musik.

Awarding Night atau malam penyerahan penghargaan harus dihadiri oleh kontestan lomba yang dinyatakan menang. Sun Bright yang terdiri dari Fetty, Zhahara, dan Hida dari UNISA berhasil meraih Juara 2 mengalahkan kontestan tuan rumah penyelenggara yaitu UAD. Hal unik dalam acara Commday #4 UAD adalah, acara tersebut pada umumnya diselenggarakan untuk diikuti oleh mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi di seluruh wilayah Yogyakarta, namun tidak demikian dengan Fetty, Zhahara, dan Hida yang notabene adalah mahasiswi D3 Kebidanan yang sama sekali tidak paham seluk beluk dunia ilmu komunikasi khususnya public relations.

Berbekal niat yang kuat, kerja keras dalam mempelajari public relations, dan berdoa mereka berhasil meraih Juara 2 Lomba Public Relations. Hal ini mengejutkan panitia penyelenggara khususnya dewan juri yang salah satunya adalah pejabat humas pemerintah DIY. Teguran keras bagi akademisi Prodi Ilmu Komunikasi karena terbukti bahwa mahasiswi D3 Kebidanan pun mampu membuat konsep Kampanye Public Relations yang baik dan benar sesuai dalam kaidah Ilmu Komunikasi. Bagian dari pembelajaran Fetty, Zhahara, dan Hida adalah adanya kerjasama dengan Program Studi Ilmu Komunikasi UNISA yang merupakan prodi baru pengembangan dari STIKES Aisyiyah menjadi Universitas Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta.

Fetty, Zhahara, dan Hida harus bekerja keras dalam pembuatan proposal karena mereka merasa orang asing yang melawan tim yang lebih menguasai dan paham dunia public relations. Selain kreatif, program yang diajukan harus menjawab permasalahan dan berkesesuaian dengan tema yaitu seputar pendidikan dan yang paling penting harus ada pengembangan dan keberlanjutan (sustainability and development) bagi masyarakatnya. Dalam presentasi program di depan para juri, tim UNISA menampilkan cara unik yang memukau. Mereka memadukan perpaduan video Iklan Layanan Masyarakat dan Proposal Progam Kampanye PR Roadshow ke Sekolah.

Commday #4 bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional dan Hari Bidan, sehingga tim dari UNISA mengangkat tema SADARI SEKOLAH. Sadari Sekolah memiliki 2 makna yaitu : pertama, sadari skeolah karena memang sekolah itu adalah suatu kebutuhan penting yang harus dilakukan oleh setiap remaja yang mampu demi masa depan yang lebih baik. Kedua, sadari adalah program kampanye kesehatan yang berarti Periksa Payudara Sendiri yang bertujuan untuk mengajarkan remaja usia sekolah khususnya SMA untuk mampu melakukan deteksi dini gejala kanker payudara sebelum terjadi kanker yang lebih parah. Sadari Sekolah ini dilakukan dengan mengunjungi sekolah-sekolah yang ada di wilayah Yogyakarta.

Program Studi Ilmu Komunikasi UNISA memiliki kajian utama Komunikasi Kesehatan sebagai pembeda dari Ilmu Komunikasi dari kampus lain. Kerjasama D3 Kebidanan dengan Ilmu Komunikasi terbukti membuahkan hasil yang mengejutkan. Pembuatan program promosi kesehatan atau bisa juga disebut program kampanye public relations menjadi lebih optimal dengan adanya sentuhan Ilmu Komunikasi